Menu

Dewan Bahas RTRW Baru Kabupaten Kepulauan Anambas, RTRW Lama Dicabut

  Dibaca : 392 kali
Dewan Bahas RTRW Baru Kabupaten Kepulauan Anambas, RTRW Lama Dicabut
Ketua Bapemperda DPRD Kepulauan Anambas, H. Amat Yani

SIANTAN, AnambasPos.com – Badan Pembuat  Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini diketahui tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang  Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kepulauan Anambas yang baru. Hingga saat ini, pembahasan tersebut tengah dalam proses verifikasi keakuratan  dan kesesuaian  kondisi lapangan oleh Bapemperda DPRD Kepulauan Anambas terhadap draf rancangan yang diusulkan oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Anambas. tersebut.

Iya, sekarang  kita lagi dalam proses pembahasan Ranperda RTRW Kabupaten Kepulauan Anambas. Masih dalam tahap verivfkasi lapangan untuk kesesuaian antara materi draf ranperda yang diusulkan oleh Pemda dengan kondisi di lapangan,” ungkap Ketua Bapemperda DPRD Kepulauan Anambas, Amat Yani saat dikonfirmasi AnambasPos.Co.Id di Tarempa, Kamis (20/05/2021).

Andi Guna K Hasibuan, SH, Kadis PUPRRKP Anambas

Jika melihat dari materi Draf Ranperda RTRW  Kabupaten Kepulauan Anamabs yang diusulkan oleh pihak Pemda Kepulauan Anambas  tersebut, Amat mengatakan bahwa perubahan dari Perda RTRW  Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah ada sebelumnya, mengalami perubahan yang sangat signifikan.

“Dari draf yang diusulkan, memang sudah mengalami banyak perubahan dari Perda RTRW yang ada sebelumnya. Sudah di atas 40  persen,”  sebut Amat.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Penata Ruang dan Perumahan Rakyat  (PUPRPR) Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Guna K Hasibuan, SH, membenarkan bahwa pihaknya telah menyampaikan  Draf Usulan Ranperda RTRW Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas tersebut, ke pihak DPRD Kepulauan Anambas untuk dilakukan pembahasan secra bessama antara Pemda dengan DPRD Kepulauan Anambas.

“Benar, Ranperda RTRW  Kabupaten Kepulauan Anambas, sudah diusulkan untuk dibahas antara Pemda dan DPRD, Kepulauan Anambas. Hasil kesepakatan  sementara, antara DPUPRRKP KKA dan Bapemperda DPRD, rancangan Ranperda RTRW untuk di-cross check kembali. Sekarang dalam proses verifikasi subtansi Rancangan Ranperda RTRW di Bagian Hukum Setda Kabupaten Kepulauan Anambas,” terang Andi Guna.

Ketika ditanya apa yang menjadi alasan utama Perda RTRW tersebut diusulkan untuk dibuat baru, Andi Guna menjelaskan bahwa itu mengacu pada hasil dari upaya Peninjauan Kembali (PK) terhadap Perda RTRW Kabupaten Kepulauan Anambas  yang lama, dengan kondisi existing-nya yang sudah mencapai di atas 40 persen. Sehingga, dianggap tidak lagi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini.

“Hasil dari Peninjauan Kembali (PK)  yang dilakukan  Pemda Kepulauan Anambas terhadap Perda RTRW yang ada saat ini, kondisi existing-nya  sudah di atas 40%, maka rekomendasi PK untuk mencabut Perda yang lama,” sebut  Andi Guna.

Lebi lanjut Andi Guna menyampaikan bahwa,  berdasarkan hasil dari PK , dalam kurun waktu lima tahun sekali RTRW Kabupaten Kepulauan Anambas tersebut, wajib dilakukan evaluasi dengan pertimbangan kesesuaian terhadap pemanfaatan ruang.

“Hasil dari PK, dalam 5 tahun sekali wajib RTRW Kabupaten untuk dilakukan evaluasi. Pertimbangannya adalah untuk kesesuaian terhadap pemanfaatan ruang yang ada.  Baik itu berdasarkan dari pola ruang maupun struktur ruang wilayah. Harus disesuaikan dengan kondisi  rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang dengan memperhatikan RTRW provinsi maupun RTRW nasional,” paparnya.

Laporan dan Editor:  Asril Masbah

 

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Topik Terhangat

    banner 300600

    Kunjungan

    • 0
    • 0
    • 0
    • 93
    • 0
    • 0

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional